Persebaran Penduduk Benua Asia

Contents [Show]

Persebaran Penduduk Benua Asia
Persebaran Penduduk Benua Asia

Persebaran Penduduk Benua Asia

Di dunia ini terdapat lima benua, salah satunya adalah Asia.  Benua Asia merupakan wilayah terbesar dengan area seluas 44.391.000 km2 meliputi daratan dan perairan. Populasi penduduknyapun terbanyak, yaitu dengan jumlah sekitar 3/5 dari populasi manusia di dunia. Namun persebaran penduduk Benua Asia tergolong tidak merata.

Mengutip dari Worldometer, wilayah yang dijuluki “Benua Kuning” ini menampung penduduk lebih dari 4,6 miliar pada Tahun 2020. Wilayah Asia Timur, Asia Tenggara, dan Asia Selatan memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, sedangkan penduduk di wilayah pedalaman Asia cenderung lebih sedikit. 

Dengan adanya persebaran penduduk yang tidak merata, hal tersebut menjadikan Asia memiliki dinamika penduduk yang berbeda dengan benua lainnya. Perbedaan ini terbentuk oleh berbagai faktor yang mempengaruhinya seperti angka kelahiran (natalitas), angka kematian (mortalitas), dan adanya migrasi. Hal tersebut dapat diketahui melalui registrasi, sensus, dan survey penduduk.

Jika dilihat dari komposisi berdasarkan ras, penduduk Asia terdiri dari tiga ras utama, yaitu:
  1. Ras Mongoloid di Asia timur dan Asia Tenggara
  2. Ras Kaukasoid di Asia Utara dan Asia Selatan
  3. Ras Negroid di Asia Barat.

Meski begitu, tipe ras tersebut sudah bercampur sehingga mengalami proses asimilasi satu dengan lainnya. Oleh karena itu, persebaran ras di Asia berkembang menjadi:
  1. Asia Utara dan Asia Tengah mayoritas dihuni oleh Ras Kaukasoid dan Europoid
  2. Asia Timur dan Asia Tenggara mayoritas dihuni oleh Ras Mongoloid
  3. Asia Selatan bagian tengah di huni oleh Ras Kaukasoid, sementara di bagian selatannya di huni oleh Ras Negroid
  4. Asia Barat bagian tengah didominasi oleh Ras Negroid, sementara di bagian timur didominasi oleh Ras Kaukasoid dan Negroid.


Faktor yang Mempengaruhi Sebaran dari Penduduk Asia

Berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi sebaran penduduk di Asia, yaitu:
  • Bentuk Lahan
Bentuk lahan yang berbeda membuat orang di berbagai wilayah Asia memiliki mata pencaharian yang berbeda. Hal ini mempengaruhi persebaran populasi di Asia
  • Aksesibilitas
Aksesibilitas merupakan jarak yang bisa diakses banyak orang dari suatu tempat ke tempat lain. Akses yang mudah membuat penduduk banyak tinggal di daerah tersebut karena adanya kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan
  • Daerah Subur
Daerah yang subur memberikan kesempatan kerja paling banyak sehingga penduduk yang tinggal di daerah tersebutpun menjadi banyak. Hal tersebut dikarenakan penduduk Asia masih banyak bertani, untuk itu dengan kesuburan tanah yang baik akan menjadi faktor persebaran penduduk yang menjadi penyebab kepadatan penduduk lebih tinggi.



Pertumbuhan Penduduk Benua Asia

Wilayah Asia terbagi menjadi beberapa wilayah geografis, seperti Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Timur, Asia Barat, Asia Tengah, dan Asia Utara. Secara keseluruhan, konsentrasi terbesar populasinya dapat ditemukan di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Asia Selatan. Pertumbuhan penduduk di Asia mencapai 1,5 persen per tahun, namun pertumbuhan penduduknya tidak merata di setiap wilayah.

Untuk menilai kualitas penduduk Asia, kita dapat menggunakan Human Development Index atau HDI. HDI  merupakan gabungan dari indikator angka harapan hidup sejak lahir, pendidikan, dan pendapatan per kapita. Dilihat dari kualitas penduduknya, Asia ternyata sangat bervariasi. Negara-negara seperti Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Brunei, dan Saudi Arabia masuk kelompok dengan kualitas penduduk yang tinggi. 

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post